Minggu, 07 Maret 2010

Kelebihan dari kamera SLR

Seorang fotografer profesional biasanya enggan memakai kamera kompak. Alasannya sederhana saja : sulit menuangkan gagasan dan kreasi. Karenanya, bila Anda menginginkan kamera yng lebih dari sekadar alat dokumentasi, sebaiknya Anda ikuti jejak para fotografer profesional itu : menggunakan kamera SLR. Apa yang membedakan kamera SLR dari kamera kompak?.

Sebagaimana kepanjangan namanya Single Lens Reflex, kamera SLR menyatukan antara gambar yang dilihat mata dan yang ditangkap film melalui satu lensa saja. Artinya apa yang diintip mata lewat jendela pembidik (view finder) sama persis seperti yang akan terekam dalam film. Dengan begitu komposisi gambar dapat diatur lebih akurat.

Lain halnya pada kamera kompak. Karena letak jendela pembidik terpisah dengan lensa, maka kadangkala foto yang tercetak sedikit berbeda, tidak seperti yang dilihat fotografer ketika memotret.

Untuk dapat menuangkan kreatifitas dengan memakai kamera SLR, Anda memang sebaiknya memahami dulu proses dasar fotografi. Secara harafiah yang disebut fotografi adalah pekerjaan melukis dengan cahaya. Kanvasnya adalah film yang berlapiskan emulsi peka cahaya, kuasnya peralatan kamera, sedangkan tintanya adalah cahaya.

Cahaya ini masuk lewat lensa dan mengenai lapisan film saat tirai penutup yang disebut rana (shutter) disingkap dalam sepersekian detik. Cahaya ini perlu diatur agar tidak berlebihan (over exposured) atau terlalu gelap (under exposured). Jumlah cahaya yang masuk diatur dengan memperbesar atau memperkecil lubang diafragma. Sedangkan lamanya rana membuka atau waktu pencahayaan diatur dengan mengubah kecepatan rana (shutter speed).


sumber : http://fotografi.blog.gunadarma.ac.id/?p=1558

Tidak ada komentar:

Posting Komentar